Persiba Balikpapan Tunjuk Fakhri Husaini Sebagai Pelatih

By ommed


nusakini.com - Persiba Balikpapan, secara resmi mengumumkan Fakhri Husaini sebagai pelatih baru. Sosok berusia 56 tahun tersebut menggantikan posisi Angel Alfredo Vera.

Kedatangan Fakhri, diharapkan mampu mendongkrak performa Persiba, pada putaran kedua penyisihan Grup D Liga 2 2021. Di putaran pertama Beruang Madu, tampil tidak konsisten.

Dari lima pertandingan yang dimainkan, Persiba memetik dua kemenangan, satu imbang, dan dua kekalahan. Alhasil, klub asal Balikpapan tersebut harus puas menduduki peringkat empat klasemen dengan koleksi tujuh poin.


"Saya memutuskan untuk memilih bergabung dengan Persiba karena ada beberapa faktor dan pertimbangan, seperti karier utama sepakbola yang saya habiskan di Kalimantan Timur, tentunya, ada ikatan emosional yang erat," kata Fakhri, dikutip dalam akun Instagram resmi klub.

"Persiba juga yang paling serius terharap saya, dan tentunya menjadi tantangan besar bagi saya untuk menangani klub kota Balikpapan ini. Insyaallah saya bisa menjawab dengan kekompakkan pemain, manajemen, pelatih dan tentunya suporter," Fakhri menambahkan.


Bagi Fakhri, Persiba merupakan klub kedua yang dibesutnya. Sebelumnya, mantan pemain Bina Taruna tersebut menangani PKT Bontang, pada 2008 hingga 2013. Setelah itu, Fakhri dipercaya memegang timnas Indonesia U-16. Selama empat tahun memegang skuad Garuda Muda, ia mampu mempersembahkan Tien Phong Plastic Cup 2017, Turnamen Jenesys 2018, dan Piala AFF U-16 2018.

Kemudian pada 2019, PSSI mengangkat Fakhri sebagai juru formasi timnas Indonesia U-19. Namun, ia gagal mengasih satu pun gelar untuk skuad Garuda Muda.

Selepas kontraknya tidak diperpanjang timnas Indonesia U-19, Fakhri menangani tim PON Aceh. Dalam ajang tersebut ia berhasil mempersembahkan gelar medali perak. (gi/om)